Rekomendasi Film Indonesia yang Wajib Ditonton

Spread the love

Siapa bilang film Indonesia kalah dengan film luar negeri? Saat ini film – film Indonesia sudah menjadi lebih baik dan tidak kalah jika dibandingkan dengan film luar negeri. Industri film Indonesia sudah semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Walaupun dari segi teknologi perfilman belum sebanding dengan luar negeri, namun dari segi kualitas cerita tidak perlu diragukan dari beberapa film – film Indonesia yang sudah dirangkum sebagai berikut.

Rekomendasi Film Drama Dan Romantis Terbaik

  1. Dua Garis Biru (Tahun 2019)

Film yang disutradarai Ginatri S. Noer ini memang patut diacungi jempol. Film ini sukses di layar lebar dengan rating 8.1/10. Walaupun sempat menuai kontroversi sebelum ditayangkan di bioskop, namun film ini bisa membuktikan akan kualitas cerita yang disajikan sehingga menjadi salah satu film favorit masyarakat Indonesia. Film ini penuh dengan pesan moral. Dari awal hingga akhir film, banyak sekali pesan tersirat dan hal – hal yang menjadi pengetahuan serta informasi baru. Film Dua Garis Biru bukan hanya menceritakan masa – masa remaja dengan kisah cintanya yang romantis, namun di film ini justru lebih banyak memberi informasi mengenai seks edukasi untuk anak. Selain itu, film dengan genre drama (family) ini menyajikan realita pernikahan dini.

  1. Dilan 1990 (Tahun 2018)

Bagi Anda yang menyukai film romantis, tidak ada salahnya jika Anda menonton film Dilan 1990 ini. Film yang disutradarai Fajar Bustomi ini menarik 6 juta lebih penonton di layar lebar. Film ini menyajikan kisah – kisah romantis yang bisa membuat penontonnya senyum – senyum terbawa perasaan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Dengan latar belakang cerita di Bandung era ‘90an, film karya Pidi Baiq ini sukses mendapat rating 7.4/10.

  1. Dilan 1991 (Tahun 2019)

Film Dilan 1991 merupakan kisah lanjutan dari film Dilan 1990. Jika di film Dilan 1990 menceritakan kisah – kisah romantis hingga Dilan dan Milea resmi berpacaran, berbeda halnya di film Dilan 1991, di film ini menceritakan hubungan Dilan dan Milea yang tidak berjalan mulus dengan cerita sedihnya. Film yang diangkat dari novel best seller ini masuk ke dalam jajaran film Indonesia terlaris dengan rating 6.8/10.

  1. Imperfect (Tahun 2019)

Film imperfect yang disutradarai oleh Ernest Prakarsa ini diangkat dari novel karya istrinya, Meira Anastasia. Menceritakan tentang seorang wanita yang menjadi korban body shaming, film ini menjadi salah satu film yang mengajarkan penontonnya yang insecure terhadap penampilan agar lebih bersyukur dan menerima segala kekurangan. Serta mengajarkan penonton agar tidak melakukan body shaming ke orang lain karena bisa memberikan dampak buruk pada korban. Film ini menuai kesan positif hingga mendapat rating 8.1/10. Film yang diperankan oleh Jessica Mila dan Reza Rahardian ini merupakan film yang wajib Anda tonton.

Selain film drama dan romantis, film Indonesia bergenre horror dan thriller tidak kalah menarik loh! bagi Anda yang menyukai film yang menyeramkan dan menegangkan, mungkin akan menyukai beberapa film horror dan thriller berikut ini.

Rekomendasi Film Horror Dan Thriller Terbaik

  1. Pengabdi Setan (2017)

Film horor yang disutradarai oleh Joko Anwar ini adalah sebuah film daur ulang dari film yang berjudul sama yang tayang pada tahun 1980. Alasannya, tentu karena dulu film ini mampu meneror Joko Anwar, dan ia ingin memberikan perasaan yang sama kepada penonton era sekarang. Namun Joko Anwar tetap ingin memberikan kesan baru terhadap film barunya, dan ternyata berbuah manis. Film ini mendapatkan respons yang sangat positif, bukan hanya dari penonton Indonesia semata tapi penonton luar negeri yang ikut menonton film tersebut. Film ini mampu memberikan nuansa seram secara tepat. Film ini juga terasa mantap eksekusinya, yang membuat film ini tidak terasa seperti film horor yang ecek-ecek. Pengabdi Setan sendiri memang sangat dinanti-nanti oleh para penonton dan Joko Anwar mampu membayar ekspektasi tersebut.

  1. Kuntilanak (2006)

Mari kita sedikit mundur ke tahun 2006, dimana pada tahun tersebut tayang sebuah film horor yang dianggap sebagai film horor terbaik di Indonesia. Film Kuntilanak ini disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini berkisah tentang Samantha yang memiliki kemampuan dalam memanggil kuntilanak. Samantha, atau biasa disebut Sam, lalu pindah untuk tinggal di kos-kosan setelah kematian sang ibu. Tapi Sam merasa bahwa kostnya seakan terkesan angker. Setelah mencari tahu, akhirnya Sam mengerti bahwa pohon dekat kostnya diduga adalah sarang kuntilanak. Dari sinilah kejadian-kejadian aneh akan menimpa Sam terkait kemampuannya memanggil kuntilanak. Film ini sangat sukses pada tahun tersebut, sampai-sampai durmo Lingsir Wengi yang dinyanyikan di film tersebut masih menyisakan kesan bahwa lagu tersebut adalah lagu pemanggil arwah. Film ini lantas diikuti oleh 2 film sekuel dan 1 film prekuel yang akan tayang tahun 2020.

  1. Rumah Dara (2010)

Film seram tidak selamanya harus berkaitan dengan setan-setan atau berbau hal-hal yang gaib. Film yang bermuatan adegan-adegan sadis juga mampu memberikan teror seram bagi penontonnya. Film buatan Mo Brothers ini mampu menekan psikologis penonton sehingga merasa takut dan tercekam dengan adegan-adegan banjir darah di dalamnya. Film ini juga seakan sebagai oase di padang pasir di mana pada tahun tersebut lebih banyak film horor yang malah lebih menonjolkan sisi-sisi sensual atau hanya sekedar guyonan-guyonan yang dipaksakan lucu. Apalagi film horor ini berbeda karena tidak berkaitan sama sekali dengan hantu-hantuan.

Itulah beberapa rekomendasi film Indonesia yang bisa Anda tonton. Anda tinggal pilih saja genre film yang Anda sukai. Tentu saja, film Indonesia tidak kalah menarik kok jika dibandingkan dengan film luar negeri.